Tips dan Cara Menulis Resume yang Benar

Menulis resume terkadang menjadi proses yang sukar. Resume adalah dokumen yang digunakan oleh perusahaan untuk menilaimu untuk pertama kalinya — hingga anda mesti mempersiapkan resume sebaik-baiknya supaya penilaian HRD perusahaan positif.

 

Dalam menulis resume tentunya mesti memakai bahasa yang sopan karna bila tidak mungkin HRD segera akan membuang resume milikmu. Nah, tidak mau kan hal seperti itu berlangsung? Yuk, simak beberapa hal apa sajakah yang baiknya anda cermati saat menulis resume

Panduan Menulis Resume yang Benar

Singkat, Padat, serta Jelas
Ingat kalau perusahaan memerlukan resume untuk percepat saat mereka lakukan seleksi sebelumnya interview. Oleh karenanya, saat untuk lihat setiap resume sangat singkat (1-3 menit) hingga resume yang kita buat mesti benar benar padat serta jelas. Jadi deskripsi umumuntuk setiap orang yang baru saja lulus kuliah panjang resumenya adalahmaksimum 1 halaman (hingga perusahaan tidak mesti membalik ke halaman 2 untuk dapat ketahui diri Anda). Untuk orang yang telah memiliki pengalaman kerja cukup lama, 2-3 halaman masih tetap dapat ditolerir (namun tetaplah upayakan dalam 1 halaman terkecuali anda benar2 mempunyai hal spesial yang butuh ditulis sejumlah itu

Sebagian perusahaan lebih menentukan bila anda mengirim sebuah resume berbentuk Jadi, baiknya anda membuat resume dalam program umum seperti MS Word supaya gampang untuk di buka.

Awal resume baiknya berisikan data diri anda seperti nama, alamat lengkap, nomor telepon serta alamat e-mail. Yakinkan alamat e-mail yang anda miliki yaitu alamat e-mail yang profesional, janganlah pakai kalimat yang alay.

Setelah itu yaitu kisah pendidikan berserta kualifikasinya. Misalnya, tuliskan apa jurusan saat anda kuliah.

Next yaitu catat kisah pekerjaan berdasar pada urutan saat dari mulai yang paling baru. Sertakan juga apa tempat serta tanggung jawab Anda.

Bila anda memiliki website atau suka menulis dalam situs (blog), janganlah lupa untuk mencamtumkan alamat website tersebut.

janganlah lupa untuk mengecek ejaan dalam resume. Ingat lho, resume dipakai HRD untuk menilainya calon calon, jadi yakinkan waktu kirimnya, resume milikmu telah sempurna. Apabila memungkinkan, minta pertolongan kenalanmu untuk membaca serta me-review ejaan atau tata bahasa di resume tersebut.

Bila anda melamar pekerjaan lewat e-mail, attach file-nya serta janganlah menulis dalam body Menulis dalam body e-mail kadang waktu dapat nampak tidak rapi serta bisa juga ada kalimat yang terpotong hingga HRD perusahaan juga akan sulit membacanya.

Bila tidak diperintah, anda tidaklah perlu kirim photo copy sertifikat maupun rujukan dari perusahaan sebelumnya di mana Anda bekerja. Dokumen-dokumen itu dapat anda serahkan waktu wawancara kerja nanti.